Asal-Usul Kehidupan Menurut Teori Abiogenesis Dan Biogenesis

Sunday, December 25th, 2016 - Uncategorized

Asal-Usul Kehidupan Menurut Teori Abiogenesis Dan Biogenesis – Assalammu’alaikum, Biologiumum.com kembali menyapa anda, kami akan memberikan lagi informasi yang pastinya bermanfaat untuk kehidupan anda ataupun kehidupan sekolah anda, salah satu materi yang sudah kami berikan kemarin adalah “Mengenal Jenis Dan Macam Jaringan Pada Hewan” dan dari itu sekarang kita akan mengangkat materi yang berbeda lagi yaitu Teori asal usul kehidupan.

1. Teori Abiogenesis ( Generatio Spontanae )

Teori abiogenesis menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda yang tidak hidup atau makhluk hidup terjadi begitu saja secara spontan. Teori pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles. Ilmuwan yang mendukung teori abiogenesis, yaitu :

a. Nedham menyatakan bahwa mikroorganisme ( benda hidup ) berasal dari air kaldu ( benda mati ).
b. Antonie van Leeuwenhoek menyatakan bahwa mikroorganisme ( benda hidup ) berasal dari rendaman jerami ( benda mati ).

2. Teori Biogenesis

Teori biogenesis bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup pula. Semboyan teori ilmuwan yang mendukung teori ini antara lain :

a. Francisco Redi

Francisco Redi melakukan percobaan dengan memasukkan sayatan daging kedalam toples yang di tutup rapat, ditutup dengan kain kasa, dan dibiarkan terbuka. Setelah beberapa hari toples yang tertutup rapat tidak ada larvanya, toples yang ditutup kain kasa terdapat larva di kain kasanya, sedangkan toples yang dibiarkan terbuka terdapat banyak larva pada daging. Dari hasil percobaannya , Francisco Redi menyimpulkan bahwa larva ( makhluk hidup ) bukan berasal dari daging (benda mati ) tetapi berasal dari lalat yang masuk dan bertelur pada daging.

b. Lazzaro Spallanzani

Lazzaro Spallanzani melakukan percobaan dengan mendidihkan kaldu pada labu yang tertutup dan terbuka yang dibiarkan beberapa hari. Labu yang tertutup tetap jernih atau steril, sedangkan kaldu yang terbuka menjadi keruh karena terdapat mikroorganisme. Mikroorganisme yang terdapat pada labu terbuka berasal dari udara terbuka bukan berasal dari air kaldu ( benda mati ).

c. Louis Pasteur

Louis Pasteur melakukan percobaan mendidihkan kaldupada labu yang tertutup pipa berbentuk leher angsa atau huruf S, sehingga mulut labu tetap terbuka. Labu dengan pipa leher angsa memungkinkan zat hidup dapat masuk tapi hasilnya kaldu dalam labu tersebut tetap jernih. Percobaan Louis Pasteur ini membuktikan bahwa mikroorganisme yang ada pada pipa bukan berasal dari air kaldu tetapi berasal dari mikroorganisme yang ada di udara dan masuk ke dalam labu. Percobaan Louis Pasteur ini menumbangkan teori abiogenesis dan memunculkan paham baru , yaitu biogenesis yang menyatakan makhluk hidup berasal dari makhluk hidup pula.

Demikian informasi yang daoat kami berikan, semoga anda dapat mengambilk kesimpulan dari pelajaran yang kami berikan, agar materi yang kami sampaikan dapat diterima dengan baik, terimakasih