Belajar Struktur Dan Bagian Bagian Bunga

Sunday, December 25th, 2016 - Uncategorized

Belajar Struktur Dan Bagian Bagian Bunga – Assalammu’alaikum, sembari meretas letih seharian, mari kita fresh kan otak kita dengan mengulan pelajaran dari cabang Ilmu Biologi. Tanpa meninggalkan pembahasan kita yang lalu tentang “Asal-Usul Kehidupan Menurut Teori Abiogenesis Dan Biogenesis” sekarang kita akan membahas Struktur bunga. mari kita simak bersama sama.

Struktur Bunga

Bunga merupakan alat reproduksi generatif yang muncul hanya pada saat tumbuhan telah mencapai usia tertentu.
Struktur bagian bunga yang sempurna terdiri dari bagian berikut.

Dasar bunga ( respetakel )
Perhiasan bunga ( periantium ) meliputi kelopak ( calyx ) dan mahkota ( corolla )
Benang sari ( stamen )
Putik ( pistilum )
Bagian – bagian bunga

a. Dasar bunga ( respetakel )
Dasar bunga ( respetakel ) merupakan ujung percabangan yang berhenti tumbuh dan menjadi tempat tumbuhnya perhiasan dan kelamin bunga.

b. Perhiasaan bunga ( periantium )
Perhiasaan bunga ( periantium ) disusun oleh dua daun steril , yaitu daun kelopak yang sevcara kolektif menyusun kelopak bunga dan daun mahkota yang secara kolektif menyusun mahkota bunga.

Kelopak merupakan bagian bunga yang terluar. Kelopak melidungi bunga pada saat bunga berbentuk kuncup. Kelopak biasanya berwarna hijau namun ada juga yang berwarna-warni. Pada umumnya, kelopak tersusun dalam satu lingkaran.
Mahkota bunga merupakan lapisan kedua setelah kelopak. Pada umumnya mahkota bunga terlihat paling menyolok karena berukuran besar dan dan berwana-warni. Fungsi mahkota bunga adalah untuk menarik serangga agar mengisap madu yang sekaligus membantu peyerbukan.
c. Benang sari ( stamen )
Benang sari ( stamen ) tersusun dalam satu lingkaran atau dua lingkaran. Stamen memiliki kepala sari ( anter ) yang terletak di unjung tangkai sari. Di dalam kepala sari terdapat terdapat satu atau lebih ruang sari ( teka ). Ruang sari terdiri atas dua kantong yang merupakan tempat terbentuknya serbuk sari.

d. Putik ( pistilum )
Putik ( pistilum ) terletak di pusat bunga yang tersusun dari satu atau lebih daun buah. Jika daun buah lebih dari satu maka daun buah akan tersusun sebagai lingkaran. Putik tersusun dari beberapa bagian, yaiu bakalbuah, tangkai putik, dan juga keala putik.

Bakal buah merupakan tempat terdapatnya sel telur yang terletak pada dasar bunga dan bentuknya menggelembung.
Tangkai putik adalah saluran sempit untuk lewatnya serbuk sari saat tarjadinya pembuahan dan berfungsi untuk menyokong kepala putik.
Kepala putik adalah bagian paling atas putik sebagai tempat melekatnya serbuk sari saat terjadi penyerbukan.
Terimakasih telah menyimak informasi dari kami, semoga bermanfaat ya kawan