Pengertian, Struktur, Ciri dan Sistem Annelida Secara Lengkap

Thursday, April 6th, 2017 - Annelida

Annelida (Cacing Gelang) – Pada kesempatan yang penuh semangat ini, admin akan membahas materi biologi tentang Annelida. Untuk kamu yg tadi sewaktu dikelas tidak terlalu memperhatikan apa yang diterangkan oleh bapak atau ibu guru dan ingin kembali mereview di rumah, kiranya membaca ulasan materi Annelida yang akan dibahas kali ini adalah langkah yang sangat tepat buat kamu yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang Annelida.

Adapun untuk Pengertian annelida merupakan cincin dan oidos yang mempunyai arti bentuk, Bentuk tubung cacing ini mempunyai karakteristik bersegmen – segmen seperti gelang tangan, oleh karena itu tidak heran jika annelida juga disebut dengan cacing gelang. sebutan annelida sebagai cacing gelang ini tidak lain karena bentuknya seperti gelang pada umumnya, seperti yang bisa teman teman lihat gambar dibawah ini tentang annelida.

ciri, sistem dan struktur annelida (cacing gelang)

Ciri – Ciri Annelida (Cacing Gelang)

Sama seperti hewan lainnya, Annelida juga mempunyai ciri atau karakteristik sendiri. Ciri – Ciri Umum Annelida (Ciri Cacing Gelang) yakni bisa hidup di berbagai tempat diantaranya pada daratan, air laut dan air tawar. Lalu jika dilihat dari tingkatan taksonominya, annelida atau cacing gelang ini taksonominya lebih tinggi jika dibandingkan dengan cacing jenis Nematoda dan Platyhelminthes, sebab cacing ini sudah memiliki rongga tubuh sejati.

Struktur Tubuh Annelida (Cacing Gelang)

Lalu untuk Struktur Tubuh Annelida (Cacing Gelang) antara lain cacing ini memiliki tubuh yang simetri bilateral yang dilapisi dengan kutikula yang ruas tubuhnya tidak hanya pada bagian dalam saja melainkan juga pada bagian luarnya. Pada setiap ruasnya, cacing tanah ini memiliki beberapa alat diantaranya alat ekskresi, alat reproduksi, pembuluh darah dan otot. Menariknya antara ruas yang satu dengan yang lain berhubungan dan terokoordinasi sehingga Annelida disebut dengan cacing gelang.

Lapisan tubuh cacing gelang ini tersusun menjadi tiga lapisan yang terdiri dari ektoderma, mesoderma dan endoderma. Yang mana untuk mesoderma ini akan berkembang menjadi sebuah kantong untuk menampung cairan. Bagian luar pada kantong tersebut akan melekat pada ektoderma, dimana lapisannya akan disebut dengan somatik. Lalu untuk bagian dalam kantong tersebut akan melekat atau menempel pada endoderma yang kemudian disebut dengan splanknik.

Sistem Organ Annelida Secara Lengkap

Sedangkan untuk sistem organnya, Annelida ini terdapat beberapa sistem organ diantaranya sistem saraf, reproduksi, pernapasan, ekskresi dan pencernaan makanan. Untuk mengetahui lebih jelasnya sistem organ pada cacing ini, yuk simak pembahaan lengkapnya dibawah ini.

Sistem Saraf Annelida (Cacing Gelang)

Annelida ini mempunyai sistem saraf yang disebut dengan  sistem tangga tali

Sistem reproduksi Annelida (Cacing Gelang)

Kemudian untuk reproduksinya, cacing gelang ini bisa secara aseksual dan seksual ya meskipun secara habitat cacing ini memiliki sifat hermafrodit, yang mana dalam proses fertilisasi diperlukan perkawinan antara dua cacing. Sedangkan untuk alat kopulasinya dinamakan  klitelium.

Sistem Pernafasan Annelida (Cacing Gelang)

Sementara untuk sistem pernafasan pada cacing ini berupa insang dan kulit.

Sistem ekskresi Annelida (Cacing Gelang)

Annelida ini memiliki alat ekskresi berupa sepasang nefhridia yang ada pada tiap tiap segmen atau bahasa biologinya disebut dengan metanefhridia. Dan untuk jenis sistem peredaran darahnya, cacing ini memiliki sistem peredaran darah tertutup. Yang mana pembuluhnya membentuk bujur dengan cabang kapiler kecil disetiap segmennya.

Sistem Pencernaan Makanan Annelida

Sama halnya dengan cacing lainnya, Annelida ini juga memiliki saluran pencernaan yang sangat lengkap, yang mana saluran pencernaannya terdiri dari mulut yang terhubung dengan faring, kerongkongan(esofagus),tembolok, empela, usus halus dan anus (intestinum).

Kiranya pembahasan tentang, pengertian, ciri, struktur tubuh dan sistem organ annelida cukup sampai disini, kiranya ada pembahasan materi biologi annelida bisa jadikan teman teman sebagai pembalajaran tambahan untuk menguasai lebih materi biologi yang satu ini. Terus belajar jangan pernah bosan dan tetap semangat menjadi siswa yang berprestasi karena kalianlah masa depan dan tulang punggung bangsa Indonesia yang kita cintai ini.