Macam Macam Material Daur Ulang Dan Pengertiannya

Friday, April 14th, 2017 - Lingkungan

Daur Ulang | Pada pembahasan materi perubahan lingkungan yang sudah kami bahas dikesempatan yang lalu sudah dijelaskan bahwa perubahan lingkungan ini terjadi karena beberapa faktor dan cara menanggulinya. Dan untuk memperdalam materi perubahan lingkungan, kali ini kami akan menjelaskan lebih dalam tentang cara penanggulannya yang fokus pembahasannya tentang daur ulang limbah.

Daur Ulang

Pengertian daur ulang merupakan sebuah proses untuk menjadikan suatu barang bekas menjadi barang baru dengan tujuan melakukan pencegahan adanya sampah serta menjadikan barang bekas tersebut menjadi sesuatu yang berguna atau bermanfaat. Selain itu mendaur ulang juga sering disebut sebagai efesiensi dalam penggunaan bahan baku yang baru dan mengurangi penggunaan energi.

Macam Macam Material Daur Ulang

Untuk material yang bisa didaur ulang banyak sekali jenisnya, seperti samah plastik,kaca,logam,kertas dan barang elektronik. Untuk mengetahui lebih jelasnya apa saja material yang bisa didaur ulang beserta prosesnya, silahkan teman teman memperhatikan ulasan yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Logam

Dari berbagai jenis logam yang ada, baja dan besi merupakan jenis logam yang sekarang ini banyak didaur ulang di dunia. Sebab kedua jenis logam ini termasuk logam yang mudah untuk didaur ulang, sebab memisahkan logam ini hanya cukup menggunakan magnet saja. Adapun untuk proses daur ulang logam langkah langkahnya peleburan dan pencetakan kembali. Dan menariknya lagi meskipun produk daur ulang, tetapi untuk hasilnya tidak mengurangi kualitasnya.

Barang Elektronik

Material kedua yang bisa didaur ulang yaitu barang elektronik, akan tetapi barang elektronik seperti handphone ataupun komputer saat ini masih belum dilakukan daur ulang. Pasalnya belum ada kejelasan mengenai manfaatnya jika didaur ulang, hanya saja yang didaur ulang yaitu komponen logam yang terdapat pada barang elektronik tersebut seperti silikon, baja, besi, emas dan lain sebagainya. Adapun tujuan dari daur ulang barang elektronik ini yaitu untuk kelestarian lingkungan

Baterai

Dibandingkan dengan barang elektronik dan logam, bateria merupakan material yang paling sulit didaur ulang. Pasalnya ukuran baterai yang ada saat ini sangatlah bervariasi, maka dari itu perlu dilakukan penyortiran terlebih dahulu. Selain ukurannya, yang menyulitkan baterai dilakukan daur ulang yaitu kandungan yang terdapat dalam baterai. Contohnya saja, jenis baterai lama di dalamnya masih mengandung kadmium dan merkuri, dimana penanganannya harus lebih hati hati dan serius untuk menghindari kerusakan lingkungan serta kesehatan bagi manusia.

Bahan bangunan

Mungkin dari ketiga material yang sudah kami sebutkan diatas, material bahan bangunan yang cukup asing di dengar untuk bisa di lakukan daur ulang. Ya memang tidak semua bahan bangunan bisa didaur ulang, hanya beberapa bahan bangunan seperti batu,tanah, batu bata dan aspal yang bisa didaur ulang. Pada umumnya bahan bangunan yang didaur ulang akan digunakan sebagai pelapis jalan agar lebih kokoh dan awet.

Bahan Lainnya

Adapun material bahan lainnya yang bisa didaur ulang seperti kaca yang terdapat pada botol. Untuk proses daur ulangnya kaca dibersihkan terlebih dahulu dengan bahan kontaminan, kemudian di lakukan peleburan atau dilelehkan bersamaan dengan material kaca baru. Selain kaca, bahan lainnya yang bisa didaur ulang yaitu kertas. Proses daur ulang kertas yakni kertas yang sudah bekas dijadikan pulp dengan material kertas baru.

Itulah pembahasan materi daur ulang yang bisa teman teman ketahui, dari pembahasan diatas tentunya teman teman lebih mengetahui apa saja material yang bisa didaur ulang. Dan melihat manfaatnya tentu adanya proses mendaur ulang sangat bagus untuk menekan penggunaan bahan baku serta pengguna sumber daya alam.