Inti Sel, Struktur Inti Sel, Fungsi Inti Sel Lengkap Dengan Gambarnya

Sunday, April 30th, 2017 - Sel

Inti Sel | Masih pada kesempatan yang sama, jika pada pembahasan yang sebelumnya menjelaskan tentang membran sel. Untuk sekarang ini kami akan mencoba membahas mengenai inti sel, yang mana fokus pembahasannya meliputi struktur dan fungsi-fungsi yang ada. Bagi teman teman yang ingin mengetahui apa saja struktur dan fungsi sel, mari simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Inti sel merupakan organel yang berbentuk bulat pada setiap sel eukariotik, yang mana merupakan pusat kendali dari sel eukariotik dan bertanggung jawab untuk mengkordinasi gen dan ekspresi gen. Dalam hal kontribusi, inti sel ini menyumbang sekitar 10 persen dari volume sel. Kebanyakan sel eukariotik ini hanya mempunyai satu inti sel, tetapi beberapa sel eukariotik tanpa sel inti.

Inti Sel

Lalu untuk strukturnya sendiri terdiri dari beberapa komponen diantaranya lapisan inti (membran inti),nukleolus, nukleoplasma dan kromosom. Dalam ilmu biologi nukleoplasma juga sering disbeut dengan karyoplasma yang merupakan  matriks yang terdapat di dalam nukleus. Agar lebih jelasnya, teman teman simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Membran inti (lapisan inti)

Membran inti merupakan struktur berlapis ganda yang berfungsi untuk membungkus isi inti sel. Pada lapisan luar dari membran ini terhubung ke retikulum endoplasma. Inti sel melakukan komunikasi dengan bagian lain dari sel melewati beberapa celah yang disebut pori-pori inti. Yang mana pori pori inti ini merupakan situs untuk pertukaran molekul besar antara inti dan sitoplasma.

Nukleolus

Merupakan inti sel yang berbentuk struktur padat dan bulat yang terdapat dalam nukleus. Dari hasil penelitian, ada beberapa organisme eukariotik yang mempunyai inti yang berisi hingga empat nukleolus. Pada melakukan prosesnya, nucleolus ini memainkan peran yang tidak langsung dalam sintesis protein dengan cara memproduksi ribosom. Yang mana ribosom ini merupakan organel sel yang terdiri dari protein dan RNA. Atau bisa dikatakan Ribosom ini merupakan organel penghasil protein sel.

Kromosom

Pada umumnya Kromosom yang hadir dalam bentuk string DNA dan histon sering disebut dengan kromatin, lalu kromatin tersebut diklasifikasikan menjadi heterokromatin dan eukromatin sesui dengan fungsinya.Untuk jenis yang pertama biasanya sangat kental, lalu bentuk transkriptionalli aktif dan pada umumya hadir berdekatan dengan membran nuklir.

Itulah beberapa struktur inti sel yang bisa teman teman pelajari, dari penjelasan diatas setiap bagian ternyata mempunyai fungsi dan cara kerja yang berbeda beda. Lalu untuk penjelasan mengenai berbagai fungsinya, berikut ini pembahasan dan penjelasan lengkapnya.

Salah satu fungsi yang paling utama yaitu mengendalikan karakteristik keturunan dari suatu mahluk hidup atau organisme. Selin itu inti sel juga mempunyai fungsi sebagai diferensiasi, pertumbuhan,pembelahan sel dan sintesis protein. Dan berikut ini beberapa fungsinya :

  • Melakukan transportasi selektif pada energi molekul melalui pori-pori inti
  • Sebagai pabrik protein dalam nukleolus
  • Menyusun khromatin di dalam kromosom dalam inti
  • Sebagai tempat pertukarang DNA dan RNA antara inti dan bagian lain dari sel
  • Memproduksi RNA duta (mRNA) untuk kegiatan sintesis protein
  • Sebagai tempat penyimpanan protein dan RNA dalam nukleolus
  • Sebagai tempat penyimpanan materi heredite serta gen yang dalam bentuk helai DNA yang panjang dan tipis

Demikianlah pembahasan materi biologi tentang inti sel yang bisa teman teman pelajari, adapun harapan kami dari membahas materi inti sel ini agar teman teman lebih memahami struktur dan fungsi sel secara jelas dan lengkap.