Jaringan Meristem Dan Jaringan Dewasa Dalam Ilmu Biologi

Wednesday, May 10th, 2017 - Sel

Jaringan Meristem Dan Jaringan Dewasa  | Di pembahasan yang sebelumnya kami telah membahas secara lengkap tentang materi sel, baik itu dari struktur, fungsi dan perbedaannya sudah dibahas secara mendalam. Dan untuk menuruskan materi biologi, pada waktu sekarang ini kami akan mencoba membahas materi biologi tentang jaringan tumbuhan. Yang mana pembahasannya mencakup struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Yang namanya tumbuhan tersusun atau terdiri dari banyak sel, sel pada bagian atau tempat tertentu membentuk sebuah jaringan. Jadi jaringan merupakan sekolompok sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama yang terikat oleh bahan antarsel membentuk suatu kesatuan.

Jaringan Meristem Dan Jaringan Dewasa

Dengan kata lain jaringan tumbuhan merupakan kumpulan atau sekelompok sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama.

Dan dari tahap perkembangannya, jaringan tumbuhan ini dibedakan menjadi dua macam yaitu Jaringan Meristem Dan Jaringan Dewasa. Yang kemana kedua jaringan ini mempunyai fungsi yang berbeda beda dari satu dengan yang lain. Berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai Jaringan Meristem Dan Jaringan Dewasa

Jaringan Meristem Dan Jaringan Dewasa

Jaringan Meristem

Pengertian Jaringan Meristem merupakan jaringan yang pada sel penyusunnya bersifat embrional, maksud dari embrional ini yakni mampu terus menerus membelah diri untuk menambah jumlah sel tubuh. Pada umumnya sel maristem ini merupakan sel dan yang belum mengalami diferensiasi dan spesialisasi. Adapun ciri ciri sel meristem diantaranya vakuola kecil,berdinding tipis, plastida belum matang dan banyak mengandung protoplasma.

Kemudian untuk pergerakannya, sel maristem ini pada umumnya ke segela arah seperti kubus. Lalu jika dilihat dari letaknya pada tumbuhan, terdapat 3 macam meristem yang diantaranya meristem interkalar, meristem lateral dan meristem apikal. Adapun untuk letak dari maristem terdapat pada ujung akar dan ujung batang.Sementara meristem interkalar ini letaknya terpisah dari ujung selama pertumbuhan, dan Meristem lateral terletak pada kambium gabus dan kambium pembuluh.

Dan berdasarkan asal terbentuknya, jaringan tumbuhan maristem ini dibedakan menjadi dua macam yaitu meristem sekunder dan meristem primer. Dan untuk penjelasan lengkapnya, silahkan lihat dibawah ini

Meristem Primer

Pengertian meristem primer merupakan meristem yang melakukan perkembangan dari sel embrional. Letak meristem primer ini biasanya terdapat pada ujung akar dan kuncup ujung batang. Adanya meristem primer ini menyebabkan pertumbuhan primer pada tumbuhan, maksud dari pertumbuhan primer ini akar dan batang tumbuhan menjadi panjang,

Meristem Sekunder

Merupakan meristem yang perkembangan dari jaringan dewasa yang sudah mengalami diferensiasi dan spesialisasi namun kembali bersifat embrional. Adapun untuk contoh meristem sekunder ini diantaranya kambium gabus. Meristem sekunder ini biasanya terletak pada batang dikotil.

Jaringan Dewasa

Jaringan tumbuhan yang kedua yaitu jaringan dewasa ini merupakan sebuah jaringan tumbuhan yang terbentuk dari diferensiasi dan spesialisasi yang sel sel nya hasil dari pembalahan jaringan meristem. dan diferensiasi itu merupakan proses terjadinya perubahan bentuk sel yang sudah memang disesuaikan sesuai dengan fungsinya, sementara spesialisasi itu merupakan pengkhususan sel yang memang mendukung fungsi-fungsi tertentu

Pada umumnya jaringan tumbuhan dewasa ini sudah tidak lagi mengalami pertumbuhan, baik itu pertumbuhan sementara atau lanjutan. dan di jaringan tumbuhan itu ada juga yang disebut sebagai jaringan permanen atau jaringan yang suah mengalami diferensiasi yang memiliki sifat irreversibel, Dan pada jaringan permanen ini biasanya sel selnya tidak lagi akan lagi mengalami pembelahan. Adapun jaringan tumbuhan dewasa diantaranya floem, xilem,gabus parenkima dan jaringan epidermis.

Kurang lebih itu saja yang bisa kami jelaskan kepada teman teman tentang Jaringan Meristem Dan Jaringan Dewasa , semoga dengan adanya pembahasan ini teman teman lebih mengerti dan memahami mengenai struktur jaringan tumbuhan beserta fungsinya.