Klasifikasi, Macam dan Jenis Annelida (Cacing Gelang) Lengkap

Thursday, April 6th, 2017 - Annelida

Macam dan Jenis Annelida  dikesempatan sebelumnya kami telah membahas secara lengkap tentang pengertian, sistem organ, ciri dan struktur tubuh Annelida. Sekarang ini kami masih membahas tentang Annelida namun untuk materi yang akan diulas ialah tentang Klasifikasi atau Jenis Annelida yang akan kami bahas secara lengkap dan detail, supaya pemahaman teman teman tentang materi Annelida ini lebih dalam lagi.

Pada waktu sebelumnya sudah kami terangkan bahwa Annelida atau yang sering disebut dengan cacing gelang ini mempunyai ciri ciri yang biasa hidup di daratan, air laut dan air tawar. Yang mana jenis cacing yang satu ini memiliki rongga tubuh sejati sehingga bisa hidup diberbagai tempat termasuk di dunia sekaligus yaitu daratan dan perairan.

Adapun yang menyebabkan Annelida disebut cacing gelang karena cacing ini memiliki ruang yang saling terkordinasi yang berbentuk seperti cincin. Kemudian untuk struktur tubuh cacing gelang atau Annelida ini memiliki dua ruas yang saling berhubungan yatu ruas tubuh bagian luar dan ruas tubuh bagian dalam. Sementara untuk lapisan penyusun tubuh annelida, kiranya teman teman sudah mempelajarinya pada ulasan artikel yang sebelumnya.

Macam dan Jenis Annelida (Cacing Gelang) Beserta Penjelasannya

macam dan jenis annelida

 

Untuk Klasifikasi, Macam dan Jenis Annelida (Cacing Gelang) berdasarkan kelasnya terbagi menjadi 3 kelas yang diantaranya Annelida Hirudinea, Annelida Oligochaeta dan Annelida Polychaeta. Agar mengetahui lebih jelasnya tentang Macam Annelida dan penjelasannya, berikut ini penjelasan 3 Jenis Annelida dan definisinya lengkap.

Annelida Hirudinea

Jenis Cacing Gelang (Annelida) pertama yaitu Hirudinea, habitat cacing yang satu ini pada umumnya hidup di laut, air tawar dan darat. Dimana untuk ciri tubuhnya tidak mempunyai parapodia dan rambut dengan bentuk tubuh pipih, dimana pada ujung tubuh bagian depannya terdapat sebuah alat isap. Kedua alat isap pada jenis annelida memiliki nama dan ukuran yang berbeda, alat isap yang memiliki ukuran yang besar terdapat pada posterior, sementara yang kecil terdapat pada anterior.

Untuk fungsi alat hisap pada Hirudinea yaitu untuk menempel pada korban serta untuk menghisap darah korbannya tersebut. Adapun jenis makanan Hirudinea diantaranya cacing,serangga, larva dan organisme lain yang mati. Kemudian untuk contoh Hirudinea ini yaitu lintah. Hirudo medicinalis atau lintah memiliki Alat respirasi  dengan melalui permukaan tubuhnya. Yang mana pada sistem ekskresi dikerjakan oleh 17 pasang nephridium dengan hermaprodit sebagai sistem reproduksi.

Annelida Oligochaeta

Jenis dan Klasifikasi Annelida (Cacing Gelang) yang kedua yaitu Oligochaeta, yang mana nama Oligochaeta ini berasal dari kata chaeta berarti rambut. Jadi untuk definisi Oligochaeta adalah jenis cacing yang terdapat sedikit rambut pada setiap ruas tubuhnya dan diantara ruasnya tersebut tidak terdapat parapodia,yang mana untuk ukuran kepalanya kecil dan tanpa mata dan alat peraba. Jenis Annelida Oligochaeta ini biasanya hidup di perariran tawar atau di daratan.

Kemudian untuk sifat Oligochaeta yaitu hermafrodit yang artinya bahwa di dalam tubuhnya terdapat testis dan ovarium. Dan menariknya dibeberapa waktu, tubuh cacing jenis ini pada epidermisnya mengalami penebalan yang sering disebut dengan klitellum yang mana waktunya segmen ke 32 sampai 37. Pada saat reproduksi dibagian klitellum akan mengeluarkan kokon yang dilanjutkan dengan keluarnya cacing cacing kecil setelah telur menetas dari kokon.

Annelida Polychaeta

Dan untuk Jenis Annelida ketiga disebut dengan Polychaeta, dimana Jenis Annelida ini merupakan sebuah cacing dengan rambut banyak. Karakteristik Polychaeta pada setiap segmennya di lengkapi dengan parapodia, adapun arti parapodia yakni semacam kaki yang ada pada sisi kiri dan kanan tubuhnya. Berbeda dengan Jenis Annelida yang pertama, Polychaeta ini memiliki kepala dan bermata yang bisa dilihat secara jelas dan gamblang. Dilihat dari populasinya, Jenis Annelida Polychaeta memiliki populasi yang paling banyak jika dibandingkan dengan annelida lainnya.

Kemudian habitat Polychaeta biasanya ditemukan pada laut, yang mana untuk jenis kelaminnya bisa sudah dibedakan antara betina dan jantan. Pada saat musim kawin atau reproduksi, bagian tubuh tertentu akan berubah berbentuk gonad yang mana untuk pembuahannya bisa terjadi diluar tubuh. Dan dari banyaknya populasi jenis cacing ini yang paling terkenal yaitu cacing wawo (Lysidice oele) dan cacing palolo (Eunice viridis) . Kedua jenis cacing ini bisa dikonsumsi oleh manusia.

Mungkin hanya seperti itu saja yang bisa kami bahas terkait Jenis dan Macam Annelida yang telah dijelaskan secara lengkap dengan penjelasannya sehingga semoga saja ulasan ini dapat berguna bagi kalian para pembaca, adapun tujuan kami membahas materi ini agar teman teman yang sedang duduk dibangku kelas x lebih paham mengenai Jenis Annelida karena mencari ilmu pengetahuan untuk bekal masa depan kalian dan kalianlah masa depan Negara Indonesia ini.