Membran Sel, Fungsi, Komponen, Transpor Pasif Dan Transpor Pasif

Wednesday, April 19th, 2017 - Sel

Sebagaimana yang sudah kami jelaskan pada pembahasan struktur sel, bahwa membran sel merupakan salah satu struktur sel yang memiliki fungsi untuk melindungi isi sel, menyeleksi zat yang masuk pada sel, serta membentuk suatu batas yang menyesuaikan antara sel dalam dan sel luar. Melihat pentingnya akan fungsi membran sel, kami akan menjelaskannya lagi lebih dalam dan lengkap pada waktu sekarang ini.

Definisi membran sel merupakan suatu fitur universal yang dimiliki oleh semua jenis sel yang berupa lapisan antarmuka yang juga sering disebu dengan membran plasma, dimana fungsinya untuk memisahkan sel dengan lingkungan diluar sel, khususnya untuk melindungi dari inti sel serta membantu sistem kelangsungan hidup yang bekerja pada sitoplasma.

Membran Sel

Membran sel sendiri terdiri dari beberapa komponen dimana fungsi setiap komponen sangat penting untuk mendukung kinerja dari membran sel. Adapun komponen penyusunnya adalah  fosfolipid,glikolipid,oligosakarida, protein dan kolestrol. Selain memiliki komponen, membran sel juga mempunyai sistem transportasi yang sangat terstruktur. Berikut ini penjelasan sistem transpor membran sel yang bisa teman teman ketahui.

Fungsi dari membran sel salah satunya sebagai lalu lintas molekul dan ion dengan dua arah. Adapun molekul yang bisa melewati membran sel antara lain  molekul polar yang sangat kecil dan  molekul hidrofobik. Sedangkan untuk molekul dengan ukuran yang besar seperti glukosa membutuhkan mekanisme khusus untuk bisa masuk ke dalam sel. Dan karena banyaknya molekul yang keluar dan masuk pada membran membuat terciptanya sebuah lalu lintas membran.

Dan jika dilihat dari caranya, lalu lintas membran sel ini terbagi menjadi dua yaitu transpor pasif dan transpor aktif. Dimana untuk transpor pasif ini hanya berlaku untuk molekul yang keluar dan masuk tanpa mekanisme khusus, sedangkan untuk transpor aktif untuk molekul yang membutuhkan mekanisme khusus. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi bagaiamana proses transpor pasif dan transpor aktif pada membran sel, silahkan lihat penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Transpor pasif

Definisi Transpor pasif adalah sebuah perpindahan molekul menuruni gradien konsentrasinya, yang mana sifat dari transpor pasif ini bersifat spontan atau langsung. Difusi terfasilitasi, osmosis dan difusi merupakan sample dari transpor pasif ini. Proses difusi ini terjadi sebab dari gerak  termal yang meningkatkan entropi sehingga menyebabkan campuran yang lebih acak yang mana pada proses respirasi seluler mengonsumsi O2 masuk.

Osmosis adalah difusi pelarut yang melintasi membran selektif yang tujuan perpindahannya sudah ditentukan oleh beda konsentrasi zat terlarut total. Adapun untuk contoh molekul yang berpindah dengan cara transpor pasif yakni air dan glukosa. Dimana transpor pasif air ini dikerjakan oleh  lipid bilayer, sementara untuk transpor pasif glukosa difasilitasi oleh  transporter.

Transpor aktif

Istilah transpor aktif, awal mulanya dikenalkan oleh Rosenberg yang mendefisinikan sebagai sebuah proses yang dapat menyebabkan  perpindahan suatu substansi dari sebuah area yang memiliki potensial elektrokimiawi lebih rendah berpindah ke tempat dengan potensial yang lebih tinggi. Pada proses perpindahan tersebut dikatakan memerlukan asupan energi serta sebuah mekanisme kopling supaya asupan energi bisa digunakan demi menjalankan proses perpindahan substansi.

Dan jika dilihat dari sifatnya, transpor aktif ini kebalikan dari transpor pasif, yang mana sifatnya tidak spontan. Untuk perpindahannya, tranpor aktif ini melawan gradien konsentrasi, dimana dalam melakukan perpindahannya membutuhkan bantuan dari beberapa protein. Adapun contoh protein yang terlibat dalam proses transpor aktif yaitu carrier protein,channel protein dan ionofor. Dimana ionofor ini adalah  antibiotik yang mampu menginduksi transpor ion yang melewati membran sel maupun membran buatan.

Mungkin itu saja yang bisa kami bahas untuk teman teman sekalian mengenai materi biologi tentang membran sel, semoga dengan adanya pembahasan ini teman teman lebih memahami fungsi membran sel beserta komponen komponennya.