Organ Tumbuhan Yang Ada Pada Tumbuhan Dan Fungsi-Fungsinya

Tuesday, May 16th, 2017 - Tumbuhan

Organ Tumbuhan  | Sebagaiamana yang sudah dijelaskan pada waktu yang sebelumnya tentang jaringan tumbuhan bahwa tumbuhan terdiri dari beberapa jaringan, dimana setiap jaringan pada tumbuhan memiliki fungsi yang berbeda beda. Dan tingkatan yang lebih tinggi dari jaringan disebut dengan organ. Organ ini adalah kumpulan beberapa jaringan yang membentuk suatu fungsi tertentu.

Organ Tumbuhan

Di dalam tumbuhan terdiri dari beberapa organ tumbuhan yang diantaranya akar, batang dan daun. Dimana ketiga organ tumbuhan tersebut mempunyai fungsi masing masing namun satu dengan yang lainnya saling berhubungan. Pertanyaannya apa sajakah fungsi organ tumbuhan? Lalu jaringan apa sajakah yang menyusun ketiga organ tersebut? Pembahasan lengkapnya silahkan ulasannya dibawah ini.

Akar

Organ tumbuhan yang letaknya berada dibawah yaitu akar, akar ini dibentuk dari beberapa jaringan yang tidak sama atau berbeda. Untuk fungsi akar sendiri yaitu sebagai alat absorbsi air, pengokoh tumbuhan pada tempat tumbuhnya dan sebagai pelarut nutrisi dan garam mineral yang ada di dalam tanah. Untuk tumbuhan tingkat tinggi yakni monokotil dan dikotil akarnya sudah merupakan akar sejati.

Organ tumbuhan yang terletak paling bawah ini mempunyai struktur yang sangat kuat, ini bisa dilihat dari kemampuannya untuk menerobos lapisan tanah yang keras. Dan pada akar tumbuhan dikotil bisa menjalar sangat jauh dari tempat dimana tumbuhannya tanamanan. Dan bahkan ada beberapa tumbuhan yang akarnya bisa menembus tembok seperti tumbuhan karet. Penyebab akar mampu menerobos lapisan tanah dikarenakan akar ini mempunyai lapisan pelindung yang disebut dengan kaliptra.

Untuk bagian akar sendiri terbagi menjadi dua yaitu struktur dalam dan luar. Yang mana untuk struktur luar akar terdiri dari tudung akar, batang, percabangan dan bulu bulu akar. Sedangkan untuk struktur akar bagian dalam terdiri dari pidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat. Dimana bagian bagian akar tersebut terdiri atau tersusun berurutan dari bagian luar ke dalam.

Batang

Organ tumbuhan kedua pada tumbuhan yaitu batang, yang mana fungsi batang pada tumbuhan sebagai tempat lewatnya air yang sudah diserap akar mengarah ke daun, menopang cabang, menentukan letak daun serta sebagai tempat cadangan makanan. Secara morfologi antara batang dan akar mempunyai sebuah persamaan yakni kedua organ tumbuhan ini sama sama mempunyai percabangan, dimana pada percabangan batang sering terdapat kuncup yang biasanya terletak pada samping batang.

Sedangkan secara anatomi, untuk struktur batang dan akar pun tidak jauh berbeda. Hanya saja kedua nya mempunyai perbedaan dalam hal ada tidaknya endodermis. Sebagaiamana yang kita ketahui bahwa akar mempunyai lapisan endodermis, sementara pada batang tidak mempunyai lapisan endodermis. Untuk bagian batang sendiri terdiri dari epidermis, korteks, dan empulur.

Daun

Dan organ tumbuhan yang terakhir yakni daun, daun mempunyai peran atau fungsi yang sangat penting dalam berlangsungnya kehidupan suatu tumbuhan.  Karena fungsi daun sebagai tempat terjadinya fotosintesis yang bisa menghasilkan berbagai bahan makanan untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri. Adapun yang menyebabkan daun bisa melakukan fotosintesis, sebab organ tumbuhan yang satu ini mempunyai jaringan parenkim yang mengandung klorofil.

Selain terdapat klorofil, organ tumbuhan yang satu ini juga mengandung sel pembentuk klorofil, epidermis dan berkas pembuluh angkut. Dan jika melihat irisan melintang, struktur daun dari bagian atas ke bawah terdiri beberapa jaringan diantaranya epidermis atas, mesofil, berkas pembuluh angkut serta epidermis bawah.

Kurang lebihnya itu saja yang bisa kami jelaskan kepada teman teman semua terkait Organ tumbuhan dan fungsinya, harapan kami dengan adanya pembahasan ini teman teman lebih memahami tentang organ tumbuhan dan fungsinya. Dan jika teman teman masih belum paham terkait jaringan tumbuhan, bisa membaca artikelnya yang sudah dibahas dikesempatan yang sebelumnya