Macam-Macam Pencemaran Lingkungan, Dampak, Dan Penanggulangannya

Wednesday, April 12th, 2017 - Lingkungan

Pencemaran Lingkungan | Materi biologi yang kali ini kami bahas masih seputar lingkungan hidup, jika diwaktu yang sebelumnya kami telah membahas mengenai penyebab perubahan lingkungan atau iklim. Untuk waktu sekarang ini yang akan kami bahas untuk teman teman yakni pencemaran lingkungan, yang mana fokus pembahasannya meliputi macam macam pencemaran lingkungan,dampak dari pencemaran yang ada di lingkungan dan cara menanggulangi pencemaran di lingkungan.

Pencemaran Lingkungan

Pengertian pencemaran lingkungan merupakan proses masuk ataupun dimasukannya organisme(mahluk hidup),zat energi dan komponen lainnya dalam sebuah lingkungan atau terjadinya perubahan tatanan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan manusia yang berdampak kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat  tertentu yang membuat fungsi dari lingkungan berkurang dari semestinya bahkan yang paling parah fungsi lingkungan tidak bekerja semestinya.

Peristiwa atau kejadian terjadinya pencemaran pada lingkungan disebut dengan polusi, sedangkan untuk bahan atau zat yang menyebabkan pencemaran pada lingkungan disebut dengan polutan. Adapun syarat zat yang dikatakan sebagai polutan, jika keberadaannya tidak bermanfaat atau merugikan mahluk hidup. Misalkan  karbon dioksida dengan kadar 0,033% sangat tidak bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Macam Macam Pencemaran Lingkungan

Dan jika dilihat dari tempatnya, pencemaran lingkungan ini dibagi menjadi 3 macam, diantaranya pencemaran udara, tanah dan air. Untuk lebih jelas pembahasannya, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Pencemaran udara

Dikatakan pencemaran udara apabila terjadinya pencemaran pada udara, pada umumnya pencemaran udara ini berupa partikel atau pun gas. Dan berikut ini beberapa gas atau partikel yang bisa mencemari udara.

Gas CO dan COz

Gas ini merupakan karbon monoksida yang tidak berbau dan juga tidak berwarna yang sifatnya racun, jenis gas ini merupakan hasil dari pembakaran yang tidak sempurna dari mobil dan mesin letup.

Gas HzS

Seperti halnya, Gas HzS ini sifatnya beracun, biasanya gas ini bisa ditemukan pada kawasan gunung berapi. Namun bisa juga hasil dari pembakaran batu bara dan minyak bumi.

Pencemaran air

Jika pencemaran udara disebabkan oleh beberapa gas ataupun partikel, sementara untuk pencemaran lingkungan di dalam air disebabkan oleh sampah dan limbah. Berikut ini yang menyebabkan pencemaran air yang bisa diketahui.

Sampah organik

Perlu diketahui sampah organik ini dibusukan oleh bakteri yang menyebabkan o2 di air berkuranga, jika kondisi ini dibiarkan tentunya akan mengganggu aktivitas kehidupan mahluk hidup yang ada di air.

Pembuangan limbah industri

Sebagaiamana yang diketahui bersama pembuangan limbah industri sangat mempengaruhi kualitas dari air, adapun sisa pembuangan industri yang sangat mencemari air seperti CO,Zn,Hg dan Pb.

Pencemaran tanah

Pada umumnya pencearan tanah ini disebabkan oleh sampah sampah peternakan, industri, pertanian, pasar dan rumah tangga. Dan sampah sendiri ini terbagi menjadi dua macam yakni sampah organik seperti dedauanan yang mudah terurai dan bisa dimanfaatkan untuk pertanian. Sedangkan untuk sampah organik seperti kaca, almunium, baja, besi dan plastik yang sangat susah untuk di uraikan, jikalaupun bisa membutuhkan waktu yang lama untuk menguraikan.

Itulah macam macam pencemaran lingkungan berdasarkan tempatnya, kemudian pertanyaannya, apakah dampak pencemaran lingkungan ini? Dampak bagi kehidupan sangat berbahaya. Berikut ini beberapa dampak dari pencemaran lingkungan yang diantaranya terbentuknya lubang ozon, pemekatan hayati, keracunan dan penyakit, tanah kurang subur, keseimbangan lingkungan jadi terganggu, peledakan hama dan punahnya spesies.

Penanggulangan Pencemaran Lingkungan

Melihat dampak dari pencemaran pada lingkungan yang begitu mengkhawatirkan tentunya harus dilakukan sebuah penanggulangan atau pencegahan pencemaran. Ada beberapa cara penanggulangan pencemaran lingkung diantaranya sebagai berikut

  • Memberikan kesadaran terhadap masyarakat mengenai pentingnya arti lingkungan hidup, sehingga masyarakat sadar akan pentingnya mencintai dan menjaga lingkungannya.
  • Proses dan tindak tegas, siapa saja yang melakukan pencemaran lingkungan. Hal ini agar mereka yang akan melakukan pencemaran lingkungan berpikir ulang.
  • Melakukan penyebaran gerakan reboisasi dan penghijauan dihutan hutan yang sudah gundul
  • Melakukan pengawasan terhadap penggunaan zat kimia dan jenis-jenis pestisida yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan
  • Adanya aturan mengenai pembuangan limbah industri, hal ini supaya limbah industri tidak mencemari lingkungan yang ada disekitar.
  • Daerah industri ditempatkan jauh dari pemukiman penduduk

Meskipun secara peraturan, pencegahan pencemaran lingkungan ini menjadi tanggung jawab dari pemerintah. Namun kita sebagai manusia juga tidak ada salahnya juga ikut menjaga lingkungan kita supaya tidak tercemar, salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan yaitu tidak membuang sampah sembarangan.