Pengertian Sel, Struktur Lengkap Dengan Contohnya

Sunday, April 16th, 2017 - Sel

Pengertian Sel | Sel  berasal dari kata cellula yang artinya ruang kecil, sorang peniliti atau imuwan dari inggris yaitu Robert Hooke pada tahun 1665 meniliti sayatan gabus yang diteliti dari bawah mikroskop. Dan saat meniliti imuwan inggris tersebut melihat sayatan gabus tersebut terdiri atau tersusun atas ruangan ruangan kecil. Dan ruangan kecil tersebut diberinama oleh Hook yaitu sel. Kemudian pada tahun 1835, seorang ilmuwan prancis yaitu Felix Dujardin juga menemukan banyak mikroganisme terdiri dari satu sel saja.

Pengertian Sel

Lalu tiga tahun kemudian, peniliti ahli botani yang berasal dari jerman yakni Matthias Jakob Shleiden memberikan statmen bahwa semua jenis tumbuhan terdiri atas beberapa sel. Lalu tidak lama setelah itu, ahli zioologi jerman Theodor Shwann juga menyatakan bahwa semua hewan tersusun dari sel sel. Dan 25 tahun kemudian Rudolf Virchow yang seorang ahli biologi jerman membuat sebuah makalah tentang pembelahan sel,yang artinya sel berasal dari sel yang lainnya.

Pengertian Sel

Pengertian sel yaitu sebuah kumpulan materi yang paling sederhana yang bisa hidup serta merupakan  unit penyusun semua organisme atau makhluk hidup. Pada umumnya sel bisa melakukan semua kegiatan kehidupan serta melakukan reaksi kimia agar mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel. Dan yang namanya organisme ini pada umumnya tersusun atas sel tunggal (uniseluler)dan banyak sel (multiseluler).

Organisme yang tersusun hanya satu sel contohnya seperti amoeba dan bakteri, sementara untuk mahluk hidup yang tersusun dari banyak sel contohnya seperti manusia, hewan dan tumbuhan yang mana setiap sel memiliki fungsinya masing masing. Sel yang ada pada tubuh organisme multiseluler tidak akan bisa bertahan lama apabila kinerjanya hanya sendiri sendiri. Karena kinerja sel pada organisme multiseluler bekerjanya secara berkelompok dan sistematis.

Sel yang berkelompok akan membentuk sebuah jaringan lalu berubah membangun sebuah organ yang dilanjutkan dengan  sistem organ dan yang terakhir membentuk sebuah tubuh organisme. Misalkan saja pada sel otot jantung yang membentuk atau membangun jaringan otot jangtung di organ jantung yang merupakan bagian dari sistem organ peredaran darah pada tubuh manusia. Kemudian untuk struktur sel bisa lihat pembahasanya dibawah ini.

Perlu diketahui yang namanay sel ini dibatasi oleh sebuah membran yang biasanya disebut dengan membran plasma, sedangkan untuk daerah yang di dalam sel disebut sitoplasma. Pada tahapan tertentu sel dalam hidupnya akan mengandung  DNA sebagai materi yang bisa diwariskan serta mengarahkan aktivitas sel tersebut. Kemudian semua sel juga mempunyai struktur yang sering disebut dengan ribosom yang mana fungsinya membuat protein yang akan digunakan  sebagai katalis pada berbagai reaksi kimia dalam sel tersebut.

Dan setiap mahluk hidup ini tersusun atas satu dari dua jenis sel yang jika dilihat dari strukturnya berbeda diantaranya sel eukariotik dan sel prokariotik. Yang mana Sel eukariota ini merupakan sel yang memiliki ukuran 10 hingga 100 µm atau sepuluh kali lebih besar dari bakteri. Sedangkan untuk Sel prokariota merupakan sel yang tidak ada membran  yang memisahkan DNA dari bagian sel lainnya, dimana letak DNA terkonsentrasi di sitoplasma yang disebut dengan nukleoid.

Mungkin itu saja yang bisa kami bahas kepada teman teman tentang materi sel Dan pengertian sel, jika dilihat dari pembahasan yang ada diatas bisa dilihat bahwa perkembangan teori sel ataupun penilitian tentang sel ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Hal tersebut bisa dilihat dari perkembangan tiap tahun yang dilakukan oleh para ilmuwan dan peniliti.