Pengertian Teori Evolusi, Tokoh Dan Petunjuk Evolusi

Sunday, December 25th, 2016 - Uncategorized

Pengertian Teori Evolusi, Tokoh Dan Petunjuknya – Assalammu’alaikum, dari pembahasan kita kemarin tentang Kandungan Gizi Dan Manfaat ASI Bagi Bayi , sekarang kita akan mencoba membahas materi baru yang belum kita bahas sebelumnya, yaitu Teori Evolusi, jadi kami harap teman teman tetap stay di Biologiumum.com, karena kami akan membuat proses belajar kita menyenangkan

A. Pengertian Evolusi

Evolusi adalah perubahan sifat yang diwariskan oleh suatu populasi organisme dari satu generasi ke pada generasi berikutnya dalam waktu yang cukup lama. Evolusi di bedakan menjadi dua jenis , yaitu evolusi regresif dan evolusi progresif.

1) Evolusi regresif
Evolusi regresif adalah proses evolusi yang menuju pada suatu kemungkinan akan terjadinya kepunahan.

2) Evolusi progresif
Evolusi progresif adalah proses evolusi yang menuju pada sebuah kemungkinan untuk dapat bertahan hidup.

B. Tokoh Teori Evolusi

1. Teori Evolusi Darwin

a. Spesies-spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies yang hidup di masa lalu.
b. Mekanisme evolusi berlangsung melalui seleksi alam.
c. Hasil dari seleksi alam adalah organisme yang adaptif terhadap lingkungan.

2. Teori Evolusi Lamarck

a. Sifat-sifat organisme yang didapat dari lingkungan yang dimiliki setelah beradaptasi dapat diwariskan kepada keturunannya.
b. Organ tubuh yang sering di pakai terus menerus akan berkembang menjadi sempurna dan kuat, sedangkan organ tubuh yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran dan rudimenter.

C. Petunjuk Evolusi

Bukti yang dianggap sebagai petunjuk adanya evolusi tercantum sebagai berikut.

1. Fosil adalah sisa tubuh organisme yang telah membantu. Fosil berguna untuk merekonstruksi kehidupan makhluk hidup di masa lalu.

2. Homologi dan Anologi
Perbandingan morfologi atau struktur luar antar organisme yang diperkirakan berkerabat dekat. Homologi adalah suatu struktur organ yang asalnya sama tetapi memiliki fungsi yang berbeda, misalnya sayap burung dengan tangan manusia. Analogi adalah struktur organ yang asalnya berbeda tapi mempunyai fungsi yang sama, misalnya kelelawar degan sayap kupu-kupu.

3. Perbandingan Fisiologi
Tiap organ memiliki struktur morfologi yang sama tetapi memiliki struktur secara fisiologi yang sama, seperti ekskresi dan respirasi.

4. Perbandingan Embriologi
Kelompok hewan vertebrata walau tubuh individu dewasa berbeda tetapi memiliki fase awal embrio mirip. Perbandingan embrio ini dapat digunakan untuk memperkirakan tingkat kekerabatannya.

5. Petunjuk Biokimia
Tiap spesies memiliki ciri biokimia yang sama yang terletak pada DNA,RNA, dan protein,meskipun berbeda basa nukleotida pada gen. Struktur biokimia ini dapat menunujukan tingkat kekerabatann organisme, semakin mirip urutan biokimia, semakin dekat hubungan kekerabatannya. Hal tersebut dapat di uji dengan uji presipitin.