Struktur Sel Dan Fungsi Organismenya Dengan Gambarnya

Sunday, April 16th, 2017 - Sel

Struktur Sel | Pada kesempatan yang sebelumnya sudah dijelaskan bahwa sel merupakan bagian struktural yang paling mendasar dari sebuah organisme atau mahluk hidup. Definisi sel juga diartikan sebagai bagian fungsional dari organisme dan semua sel yang ada pada organisme berasal dari sel lainnya melalui sebuah proses pembelahan. Definisi sel tersebut merupakan sebuah hasil dari observarasi dari para peniliti atau ilmuwan yang sudah dilakukan selama bertahun tahun, sehingga definisi sel tersebut sering dikenal dengan teori sel.

Di kesempatan ini yang akan kami bahas ini masih seputar materi sel, namun kami akan mencoba membahasnya lebih dalam lagi dan lebih fokus pada struktur sel. Para ilmuwan meniliti dan mempelajari struktur sel ini dengan menggunakan alat bantu mikrosop, yang mana ilmuwan yang pertama kali meniliti akan struktur sel yakni imuwan inggris yang bernama Roobete Hooke, dimana dalam melakukan penilitian imuwan inggris ini menggunakan mikrosop cahaya. Dari penilitian yang dilakukan selama bertahun tahun, akhirnya para ilmuwan mengetahui struktur sel. Dan berikut ini Struktur Sel yang bisa dipelajari

Membran Sel

Membran Sel

Sebagaiamana yang sudah kami singgung diwaktu yang sebelumnya, bahwa sebuah sel ini dibatasi oleh lapisan tipis yang dalam dunia biologi sering disebut dengan membran sel. Pada membran sel ini terdiri dari molekul molekul protein,air, senyawa lemak, karbohidrat dan sedikit kolestrol. Dimana struktur sel pada setiap senyawa lemak ini terdiri dari gugus fosfat dan lipid. Dimana gugus lipid ini dari fosfolipid ini sifatnya tidak suka dengan air, sementara untuk gugus fosfat ini sifatnya suka air. Dan jika di umpamakan, gugus fosfat ini sering disebut kepala, sedangkan untuk gugus lipid ini sering disebut ekor.

Sedangkan struktur sel dari molekul molekul protein ini terdiri dari dari 2 bagian yakni protein perifer dan integral. Protein perifer merupakan protein yang hanya menempel pada permukaan fosfolipid, sedangkan untuk protein integral merupakan protein yang ada di dalam lapisan lipid. Pembagian struktur membran ini dalam ilmu biologi sering disebut dengan teori mosaik cair yang dikemukakan oleh dua orang ilmuwan yakni Grath Nicolson dan Jonathan singger. Dengan struktur sel yang begitu kompleks terutama pada membran, sehingga membran memiliki beberapa fungsi yang bisa dilihat dibawah ini.

=>>Membentuk atau membangun suatu batas yang fleksibel antara sel luar dan sel dalam.

=>>Melindungi dan membungkus isi sel.

=>>Menyeleksi dan memfilter zat apa saja yang bisa masuk pada sel serta apa saja zat yang harus keluar dari sel.

Nukleus (Inti Sel)

Nukleus

Struktur sel yang kedua yakni inti sel, perlu diketahui organel sel yang pertama kali diteliti yaitu inti sel. Nukleus atau inti sel merupakan struktur sel yang berbentuk bulat yang biasanya beraa pada tengah tengah sel. Inti sel ini merupakan bagian vital atau penting untuk kehidupan sel, hal ini dikarenakan nukleus ini mampu mengendalikan seluruh aktivitas sel.

Inti sel ini juga dibatasi oleh dua lapisan yang sering disebut dengan membran inti. Untuk strukturnya sendiri, membran inti ini sama halnya dengan membran sel. Hanya saja dalam membran inti terdapat pori pori yang hanya di lewati oleh substansi. Seperti halnya dengan membran sel, membran inti juga mempunyai fungsi sebagai pelindung inti sel serta sebagai wadah pertukaran zat antara sitoplasma dan materi inti.

Sitoplasma

Sitoplasma

Struktur sel yang lainnya yaitu sitoplasma, definisi sitoplasma ini yaitu cairan yang terletak diantara membran sel dan inti sel. Pada struktur sel yang ini terdapat beberapa proses metabolisme sel, misalkan repriasi sel dan sintesis protein. Sedangkan untuk strukturnya, sitoplasma ini terdapat dari organel organel misalkan ribonsom, mitokondria, badan golgi, endoplasma, mikrobodi,lisosom dan sentriol.

Itu saja yang bisa kami bahas tentang struktur sel, dari pembahasan diatas bisa dilihat bahwa satu sel saja jika di teliti lebih dalam lagi membutuhkan pembahasan yang sangat luas dan waktu yang lama, karena setiap struktur sel memiliki beberapa bagian masing masing yang perlu dijabarkan.