Pengertian Tipe-Tipe Ekosistem, Komponen Dalam Ilmu Biologi

Thursday, April 6th, 2017 - Ekosistem

Tipe-Tipe Ekosistem | Di pembahasan materi lingkungan hidup dijelaskan bahwa lingkungan hidup tersebut terdiri dari beberapa komponen diantaranya ekologi, ekosistem,aliran energi dan masih banyak yang lainnya. Dan dari beberapa komponen yang mendukung lingkungan hidup yang akan coba kami bahas untuk teman teman semua yaitu tentang Ekosistem, dimana pembahasannya meliputi pengertian, komponen pembentuk ekosistem dan tipe-tipe ekosistem.

Tipe-Tipe Ekosistem
Dilihat dari definisinya, ekosistem merupakan sebuah sistem ekologi yang terbentuk disebabkan hubungan timbal balik yang tidak bisa terpisahkan antara organisme (mahluk hidup) dengan lingkungannya. Namun ada juga yang mengartikan ekosistem merupakan suatu tatanan kesatuan secara menyeluruh antara semua unsur lingkungan hidup yang saling berpengaruh satu dengan yang lainnya.

Pada sebuah ekosistem, yang namanya mahluk hidup dalam komunitas akan berkembang secara bersama sama dengan lingkungan fisik. Dimana mahluk hidup tersebut akan melakukan adaptasi dengan lingkungan fisik dan juga sebaliknya mahluk hidup juga bisa mempengaruhi lingkungan fisik yang ada disekitarnya yang digunakan untuk memenuhi semua keperluan hidup organisme tersebut. Adapun beberapa faktor komponen pembentukan ekosistem, diantaranya sebagai berikut.
Abiotik

Komponen pembentukan ekosistem pertama yaitu abiotik atau tidak hidup,dimana abiotik ini adalah sebuah komponen kimia dan fusik yang levelnya medium sebagai tempat berlangsungnya kehidupan. Dan jika dilihat dari jenis dan tempatnya, komponen abiotik ini sangatlah beragam. Dimana untuk jenisnya komponen abiotik ini berupa senyawa organik, bahan organik yang mempengaruhi distribusi organisme seperti Suhu, Air, Garam,Cahaya matahari,Iklim serta Tanah dan batu Biotik

Komponen pembentukan ekosistem kedua yaitu abiotik atau yang sering disebut dengan organisme. Biotik merupakan sebuah komponen yang menyusun ekosiste selain pada komponen abiotik. Dan jika dilihat dari peran dan fungsinya, komponen biotik ini terbagi menjadi dua macam yakni dekomposer atau pengurai dan heterotrof atau konsumen. Dimana peran dan fungsinya dari keduanya sangatlah berbeda beda.
Itulah beberapa komponen yang mempengaruhi terbentuknya sebuah ekosistem dalam lingkungan hidup, setelah itu kami akan ajak teman teman menyimak tipe-tipe ekosistem. Dan untuk mengetahui lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan tipe-tipe ekosistem dibawah ini.

Tipe-Tipe Ekosistem

Ekosistem lamun

Ekosistem lamun
Merupakan sebuah kelompok tumbuhan yang bisa berbunga di area atau lingkungan laut. Lamun ini bisa hidup pada perairan pantai dangkal, dimana untuk cirinya mempunyai tunas dengan daun yang tegak dan tangkai yang merayap untuk berbiak.

Ekosistem laut dalam

Ekosistem laut dalam

Merupakan sebuah organisme yang mampu hidup pada kedalaman laut yang mencapai lebih 6.000 m, contoh organisme yang mampu hidup pada kedalaman tersebut seperti lele laut karena ikan ini mampu mengeluarkan cahaya.

Ekosistem terumbu karang

Ekosistem terumbu karang

Merupakan sebuah kelompok terumbu karang yang terdiri dari coral yang hidup di dekat pantai. Ekosistem terumbu karang keberadaannya sangat penting bagi sebagaian organisme, khususnya hewan yang hidup pada karang.

Ekosistem sungai

Ekosistem sungai

Merupakkan sebuah badan air yang mengalir pada satu arah dari hulu ke hilir, pada umumnya ekosistem sungai ini ditempati oleh beberapa hewan seperti kura kura, ikan air tawar dan masih banyak yang lainnya.

Ekosistem pantai

Ekosistem pantai

Merupakan sebuah kelompok tumbuhan yang mampu hidup pada gundukan pasir, adapun contohan tumbuhannya yaitu Ipomoea pes caprae. Dimana tumbuhan ini mampu bertahan terhadap hentakan angin dan gelombang.

Ekosistem estuari

Ekosistem estuari

Merupakan sebuah tempat atau lokasi bersatunya sungai dengan air laut, pada umumnya estuari ini banyak dipagari dengan lempengan lumpur yang cukup luas. Untuk jenis tumbuhan yang bisa hidup di estuari seperti ganggang dan fitoplankton. Sedangkan untuk hewannya seperti kepiting,kerang, ikan dan cacing.

Ekosistem air laut

Ekosistem air laut

Merupakan sebuah tempat dengan kadar gara yang tinggi serta ion CI- yang mencapai 55% terutama pada daerah laut tropik. Pada wilayah tropik, yang namanya suhu laut dapat mencapai 25 °C.

Ekosistem air tawar

Ekosistem air tawar

Merupakan sebuah ekositem dengan ciri ciri suhu disekitar tidak menyolok, kemudian penetrasi cahaya yang kurang dan suhunya sangat terpengaruh oleh iklim dan cuaca.

Dan itulah Tipe-Tipe Ekosistem yang bisa kami bahas sekarang ini, cukup luas bukan ekosistem yang ada didunia ini, jadi satu sama lain memang saling melengkapi dan bisa berkembang dan bertahan sampai sekarang